• +62 812 4226 5207
  • info@simpatitrans.com
  • Buka : 08:00 - Tutup : 17:00

Tips Memilih Mobil Untuk Keperluan Keluarga

Spread the love

Memberikan kendaraan yang nyaman untuk keluarga sebenarnya tidak harus baru. Biarpun bekas, banyak juga lho mobil yang berkualitas baik dan tak mengecewakan. Asalkan dipilih dengan tepat, kenyamanan serta keamanan keluarga juga bisa tetap terjamin.

Selain harga yang pas dengan budget Anda, kira-kira hal apa saja ya yang harus dipertimbangkan saat akan memilih mobil bekas untuk keluarga?

#1: Jumlah Anggota Keluarga VS Tipe Mobil

Bila anggota keluarga hanya terdiri dari ayah, ibu, dan dua anak, maka tipe hatchback pun dapat dijadikan pilihan. Biarpun kecil, namun tempat duduk bagian belakang tetap nyaman karena hanya diisi oleh dua orang.

Sementara itu bila anggota keluarga lebih dari delapan, sebaiknya pilihlah tipe mobil van. Jumlah tempat duduk di mobil tipe ini lebih banyak. Selain itu kabin mobil pun lebih besar daripada tipe MVP, jadi anggota keluarga tak perlu berdesak-desakan di dalam dan tetap merasa nyaman.

#2: Kehadiran Bagasi

Kebanyakan keluarga di Indonesia membeli jenis mobil multi purpose vehicle (MPV) untuk dijadikan family car. Jumlah tempat duduknya mencapai 7-8 orang sehingga muat untuk sebuah keluarga. Bila bagian belakang tak digunakan, kursi dapat dilipat dan dijadikan bagasi.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, mobil MPV untuk keluarga memang tidak punya ruang bagasi khusus. Akan tetapi ruang duduk di bagian belakang dapatdimanfaatkan untuk menyimpan barang, sebab kursinya dapat dilipat.

Lain halnya dengan tipe hatchback atau SUV yang umumnya sudah dilengkapi bagasi cukup besar. Anda yang berniat membeli mobil van harus bisa menata barang bawaan keluarga dengan baik, sebab area penyimpanannya relatif kecil.

#3. Sistem Keamanan dan Keselamatan

Pastikan mobil pilihan Anda memiliki sistem keamanan dan keselamatan memadai. Tidak hanya fitur standar seperti sabuk pengaman di setiap tempat duduk, airbag, dan automatic door lock saja. Fitur-fitur seperti Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Assist (VSA), Side Airbags serta Parking Sensor jadi nilai plus.

#4. Faktor Penunjang Kenyamanan

Fitur-fitur penunjang kenyamanan penting agar anggota keluarga—terutama orang tua dan anak-anak—tidak lekas lelah. Misalnya, AC double blower yang menghembuskan udara sejuk hingga penumpang belakang.

Fitur lainnya, seperti suspensi nyaman dan empuk, suasana kabin yang kedap, armrest atau sandaran tangan, power outlet di baris kedua, jumlah kompartemen penyimpanan benda-benda kecil pun penting. Seperti All New Honda BR-V yang memiliki 8 tempat botol air.

 

Lalu, kursi baris ketiganya dapat dilipat hingga 50/50 untuk memudahkan membawa lebih banyak barang

About The Author

simpati

No Comments

Leave a Reply