• +62 812 4226 5207
  • info@simpatitrans.com
  • Buka : 08:00 - Tutup : 17:00

Keindahan Pesona Alam Batu Kars Terbesar Didunia

Spread the love

Bila Anda mendambakan sebuah tempat yang dikelilingi pegunungan kapur dan Anda dapat berjalan mengelilinginya, mungkin Rammang-Rammang di Makassar bisa menjadi jawaban untuk Anda kunjungi.

Rammang-Rammang berada di Maros, Sulawesi Selatan. Destinasi yang masih masuk dalam wilayah Taman Nasional Bantimurung ini menyajikan pemandangan indah berupa bukit-bukit karst yang menjulang tinggi.

Kawasan karst ini terintegrasi dengan Kawasan Karst Maros-Pangkep. Kawasan karst ini kini diberikan perlindungan khusus, karena kondisi kelestarian alamnya. Kawasan karst ini berada 42,30 km di sebelah utara Kota Makassar. Sebelumnya pada sekitar tahun 2005, kawasan ini pada beberapa titik dijadikan lokasi tambang marmer dan semen oleh sebuah perusahaan yang telah mendapat izin dari Dinas Pertambangan Kabupaten Maros,Pemerintah Daerah Kabupaten Maros. Namun, kelompok masyarakat lokal, para pecinta alam, pemerhati lingkungan, dan beberapa pihak lainnya turun tangan dan menolak kawasan ini dijadikan lokasi tambang.

Di kampung Berua inilah yang menjadi salah satu ikon daya tarik wisata alam yang ada di Wisata Rammang-rammang.

Berbagai Penghargaan telah diraih salah satunya dalam ajang Kreatife Tourism World 2022 DEWI Rammang-rammang berhasil memenangkan 2 dari 3 kategori yang dipertandingkan yaitu kategori Digital dan Youth.

Sejarah Singkat :  Salah satu cara perlawanan Masyarakat melindungi ekosistem kawasan terhadap exploitasi 3 Tambang dengan menjadikan kawasan sebagai Wisata. Destinasi Wisata Rammang-rammang berbasis pengelolaan masyarakat dimana pembangunan dimulai dari bantuan CSR seperti PT. Semen Bosowa, PT. Bank Indonesia, dan PT. Angkasa Pura menjadi awal berdirinya Wisata Rammang-rammang dengan bantuan tidak kurang dari 3 Milyar Rupiah.

 

About The Author

simpati

No Comments

Leave a Reply